< Browse > Home / EPRINT / Blog article: Istilah DPI (Dot Per Inch)

| Mobile | RSS

Istilah DPI (Dot Per Inch)

5th Apr, 2009 | No Comment | Posted in EPRINT

Dots per inch (DPI) adalah bentukan dari suatu ukuran hasil cetak atau visual, dimana merupakan suatu kumpulan titik di dalam suatu bentukan linier dalam ukuran inchi (2,54 cm).

Nilai dari DPI (Dot per Inch) berkorelasi secara tidak langsung dengan resolusi / ketajaman gambar.Printer Dots

Ukuran DPI (Dot per inch) ini tidak dapat diukur secara kasat mata, karena harus dilihat dengan menggunakan lensa khusus.

Sebuah printer dengan DPI yang tinggi dapat mencetak output secara detail. Namun hal ini juga bergantung pada setting dari printer tersebut. Semua printer di dunia menggunakan standart cetak dengan ukuran DPI.

Sebagai contoh, untuk printer dot matriks, printer ini menggunakan media pita dimana pita tersebut ditekan oleh jarum head. Sehingga hasil cetak yang ditimbulkan tidaklah terlalu baik, yaitu antara 60-90DPI. Sedangkan printer inkjet dengan media cetak tinta cair yang disemprotkan, akan lebih kerap. Sehingga hasil cetakannya lebih tajam dengan resolusi antara 300 – 600 DPI. Lain halnya dengan Laserjet Printer, dimana media yang digunakan adalah serbuk toner yang dikontrol oleh aliran elektrostatik, akan lebih kerap hasil cetakannya dengan range 600 – 1800DPI.

PPI & DPIUkuran DPI (Dot Per Inch) hasil cetak printer juga dipengaruhi oleh ukuran PPI (Pixel Per Inch) yang tampak pada layar monitor. Sehingga semakin tinggi ukuran PPI (Pixel Per Inch) pada layar visual, akan menciptakan hasil cetak yang tinggi pula.

Leave a Reply 29591 views, 40 so far today
Tags:

Related posts

Leave a Reply