< Browse > Home / POWER-X / Blog article: Proteksi dan Backup untuk Perangkat PC dan Elektronik

| Mobile | RSS

Proteksi dan Backup untuk Perangkat PC dan Elektronik

15th Oct, 2009 | 4 Comments | Posted in POWER-X

UPS (Uninterruptible Power Supply) merupakan suatu kebutuhan IT, utamanya di bidang computing. Dimana dengan adanya UPS ini, membuat  pengguna Computer menjadi lebih aman dalam penggunaan perangkat komputer.

Banyak produk pengaman perangkat elektronik yang beredar di pasaran, dan semua perangkat proteksi elektronik tersebut menawarkan kelebihan-kelebihan yang beragam, namun satu yang belum dimiliki oleh pengaman perangkat elektronik yang ada, adalah backup power.

Power X

UPS (Uninterruptible Power Supply) selain memberikan rasa aman dengan proteksi tegangan untuk peralatan elektronik, utamanya untuk komputer personal (PC). Juga berfungsi sebagai tenaga cadangan, dimana pada saat tenaga listrik dari pusat terputus / mati, maka UPS akan secara otomatis mengubah fungsinya sebagai tenaga listrik cadangan.

Rasa aman yang didapatkan oleh pengguna perangkat elektronik dengan kehadiran UPS, dimana pada perangkat UPS telah tersedia pengaman tegangan. Sehingga pada saat tegangan listrik turun, maupun naik, maka UPS akan berfungsi sebagai stabilisator tegangan. Dari fungsi sebagai stabilisator atau lebih tepatnya adalah AVR (Automatic Voltage Regulator) inilah, maka pengguna perangkat elektronik telah diberi rasa aman untuk perangkatnya, dimana perangkat tidak akan mudah rusak akibat tegangan listrik yang kurang stabil.

Dalam perkembangannya, selain untuk perangkat PC (Personal Computer), UPS juga biasa digunakan untuk mesin-mesin ATM, perangkat Security, dan banyak lagi perangkat yang memerlukan kesediaan listrik tanpa terputus. Sehingga alat tersebut dapat berfungsi secara optimal.

Dari fungsi-fungsi pengamanan dan juga backup tenaga listrik seperti disebutkan di atas tadi, POWER-X mengembangkan produk UPS dengan kehadiran UPS POWER-X dengan type ELECTRA.

UPS POWER-X type ELECTRA merupakan suatu penyempurnaan teknologi UPS standart terkini. Dimana selain teknologi UPS ini telah disempurnakan, sehingga fungsinya tidak hanya melakukan pengamanan untuk perangkat elektronik yang terhubung pada UPS, namun UPS ini dapat juga melindungi dirinya sendiri, sehingga tidak terjadi penggunaan tegangan secara berlebih.

Kebanyakan pengguna IT mempergunakan UPS tanpa batas, dalam hal ini biasa disebabkan karena pengguna sendiri tidak dapat mengukur daya listrik maksimum yang dapat diproteksi oleh UPS tersebut. Hal ini akan berakibat fatal, baik untuk UPS itu sendiri, maupun perangkat elektronik yang terhubung dengan UPS tersebut.

Dengan beban berlebihan yang terhubung dengan UPS, maka akan terjadi overload (kelebihan muatan) dalam penggunaan UPS tersebut, sehingga UPS yang sedianya hanya untuk 350W akan terbakar dan tidak dapat digunakan lagi.

Untuk UPS POWER-X ini telah dilengkapi dengan pengamanan, yaitu dengan system Power OFF Overload Protection. Dimana dengan adanya system Power OFF Overload Protection ini pengguna UPS akan diingatkan oleh UPS, apabila terjadi kelebihan beban pada UPS. Parameter pengingat untuk system Power OFF Overload Protection adalah, apabila terjadi kelebihan beban pada UPS POWER-X ini, maka secara otomatis UPS akan mati, sehingga hal ini akan menjadi tingkat pengamanan pertama, selain itu UPS POWER-X telah dilengkapi dengan FUSE (Sekering) pengaman, sebagai tingkat pengamanan ke dua.

Dengan adanya 2 (dua) tingkat pengamanan untuk UPS POWER-X ini, maka pengguna perangakat elektronik tidak perlu kuatir dalam menggunakan UPS POWER-X, karena pada saat terjadinya beban berlebih / Overload, maka UPS POWER-X akan melindungi dirinya sendiri dan akan mengurangi resiko terbakar.

Selain system Power OFF Overload Protection tersebut, UPS Power-X juga akan melindungi perangkat elektronik / PC yang terhubung pada UPS POWER-X.

Power_X copyIni disebabkan karena UPS POWER-X telah dilengkapi dengan system Automatic Voltage Regulator (AVR), dimana dengan adanya system AVR ini, membuat UPS POWER-X ini dapat menahan dan men-stabil-kan tegangan naik dan turun yang timbul akibat ke-tidak setabil-an pasokan listrik dari pusat listrik. Dengan adanya system AVR ini juga dapat membuat perangkat komputer yang terhubung dengan UPS Power-X ini menjadi aman dari kerusakan, karena pasokan daya listrik yang didapatkan untuk perangkat elektronik tersebut telah di-stabil-kan oleh UPS POWER-X.

UPS Power-X dengan Power Factor 0,6  ini membuat Power-X dengan Type ELECTRA 650V-350W memiliki kemampuan untuk menyimpan tenaga listrik hingga 15 menit untuk 1 buah CPU + LCD monitor. Dan untuk UPS POWER-X ELECTRA 1250VA – 650W mampu untuk menyimpan tenaga listrik hingga 30 menit untuk 1 buah CPU + LCD Monitor.

Hanya itu saja fasilitas UPS POWER-X ? Tidak, masih adalagi layanan purna jual untuk UPS POWER-X, dimana UPS POWER-X bebas dari biaya service untuk selamanya. Sehingga apabila ada kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan produksi, maka dengan sigap layanan service akan memberikan pelayanan service secara gratis, tentu saja dengan cara membawa UPS ke Service Centre yang telah tertera pada kartu garansi. Untuk masa garansi perangkat board UPS, adalah 2 tahun dan masa garansi untuk battery adalah 1 tahun.

Dengan layanan purna jual UPS POWER-X ini, diharapkan pengguna tidak perlu kuatir akan terjadinya kerusakan fatal UPS POWER-X dengan pemakaian normal.

Leave a Reply 4859 views, 2 so far today
Tags: ,

Related posts

  • No Related Post

4 Responses to “Proteksi dan Backup untuk Perangkat PC dan Elektronik”

  1. 4
    Supplier Komputer Terbaik Di Indonesia || Citrajaya Computer Says:

    [...] telah menjelaskan fungsi dan keuntungan dari UPS sendiri, anda bisa lansung periksa “Keuntungan UPS“. Apa dan bagaimana UPS POWER X SHAFIRA SE-650 ?? Banyak fitur dari Type SE-650 yang pertama [...]

  2. 3
    dj Says:

    @keer
    Untuk UPS POWER-X ini telah dilengkapi dengan pengamanan, yaitu dengan system Power OFF Overload Protection. Dimana dengan adanya system Power OFF Overload Protection ini pengguna UPS akan diingatkan oleh UPS, apabila terjadi kelebihan beban pada UPS. Parameter pengingat untuk system Power OFF Overload Protection adalah, apabila terjadi kelebihan beban pada UPS POWER-X ini, maka secara otomatis UPS akan mati, sehingga hal ini akan menjadi tingkat pengamanan pertama, selain itu UPS POWER-X telah dilengkapi dengan FUSE (Sekering) pengaman, sebagai tingkat pengamanan ke dua.
    utk pemakiannya ups sendiri tiap kali d kasi beban ups harus keaadan on

    demikian ulasan dari kami , salam sukses selalu

  3. 2
    keer Says:

    Dear…Master

    MOhon share infonya..
    baru 3 hari saya beli ups mek ex-power 650va with AVR,untuk 1 unit cpu 1+monitor tabung.setelah 10jam saya charge tanpa beban.namun setelah di charge selama 10 jam kondisi bagus selama kira2 4 jam pemakaian up dengan beban komp+monitor… namun esok harinya saya gunakan lagi hampir tiap 5 menit sekali mengeluarkan bunyi beep dengan indikator led RED dan pada akhirnya ups and komputer juga mati…. kadang-kadang di charge tanpa beban pun sering mengeluarkan bunyi beep dengan indikator led RED(seperti Listrik PLN tidak ada)
    yang mau saya tanyakan..
    kenapa demikian?……………..
    apakah tiap hari di charge upsnya?…………….
    apakah pada saat mengecharge switch on/off nya di nyalakan

    Mohon pencerahannya..

    Thanks..
    keer saranho..

  4. 1
    fenny Says:

    yth, Bapak/ibu di tempat
    Mohon dengan sangat, informasi service centre ups grace.  sy dulu beli ditoko harco tp skr tokony sdh tutup. bs bantu sy info service centrenya ? sy punya 7 unit
    terimakasih, sy sangat menghargai bantuan Bapak/Ibu.
    Regards
    fenny

Leave a Reply