< Browse > Home / TECHNOLOGY / Blog article: TIPS PERAWATAN PRINTER INKJET DARI EPRINT

| Mobile | RSS

TIPS PERAWATAN PRINTER INKJET DARI EPRINT

2nd Feb, 2011 | No Comment | Posted in TECHNOLOGY

Printer merupakan peripheral PC yang penting, seperti halnya perangkat lainnya, akan menguntungkan jika dirawat dengan cermat secara teratur & berkala. Sering kali kita menjadi kesal & jengkel bila saat akan mencetak, ternyata printer macet atau hasil cetak tidak sempurna.

Untuk menghindari hal tersebut di atas, maka berikut beberapa tips dan trik dalam merawat printer inkjet anda :

  1. Selalu gunakan printer secara periodik (sesering mungkin minimal 2 kali seminggu), jangan biarkan printer anda tidak digunakan terlalu lama, karena tinta yang terdapat pada nozzlehead bisa mengering sehingga menyumbat pengeluaran tinta dan hasil cetak tidak sempurna.
  2. Jika menggunakan tinta refill pastikan menggunakan tinta yang bermutu(gunakanlah ePrintkarena telah mendapatkan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu – ISO 9001), jangan mengisi cartridge terlalu penuh karena dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada cartridge dan dapat merembes pada motherboard printer.
  3. Jika menggunakan system infus, pastikan tabung terisi tinta ePrint tidak kurang dari 1/3 bagian dari tabung. Dan pastikan juga selang penghubung tabung dengan cartridge terisi tinta secara utuh (tidak ada gelembung udara) atau bahkan kosong (tidak terisi tinta).
  4. Gunakan fasilitas Clean Head & Nozzle Check (Software yang disertakan bersama Printer) untuk melakukan pembersihan nozzle head & memastikan hasil cetak yang sempurna, secara teratur (periodik).
  5. Pastikan menggunakan kertas standart yang halus dan utuhsaat mencetak(eprint menyediakan 28 Jenis Paper sesuai dengan kebutuhan pengguna ). Sebab jika kertasberlipat-lipatdan tidak utuh akan mengakibatkan kertas tersangkut dapat merusak roller dan nozzle head pada printer.
  6. Gunakan tombol on/off pada printer, pada saat menghidupkan dan mematikan printer sehingga saat dimatikan, head printer akan kembali ke tempatnya secara sempurna sehingga tinta pada nozzle head tidak mudah mengering.
  7. Gunakan Tissue kering berkualitas baik saat membersihkan nozzle head & chip cartridge, jangan menggunakan jari atau perangkat yang mengandung elektro magnetic statis, karena listrik statis pada tubuh & arus electro magnetic statis dapat merusak komponen chip. Penggunaan tissue dengan kualitas jelek justru akan meninggalkan partikel kertas dan berpotensi menyumbat nozzle head.
  8. Pastikan Printer selalu terisi dengan Cartridge yang terisi tinta, Jangan membiarkan printer anda kosong tanpa cartridge dalam jangka waktu yang lama, sebab dapat menyebabkan print head menjadi kering.
  9. Bersihkan beberapa bagian printer secara berkala dari debu dan kotoran, jangan biarkan ada benda-benda asing masuk atau terjatuh kedalam printer anda. Jangan menggunakan lap yang basah oleh air saat membersihkan printer.
  10. Pastikan Printer selalu tertutup rapi, untuk menghindari adanya benda asing yang masuk ke dalam printer, yang dapat menghambat kinerja roller.
  11. Perhatikan wastepad (buangan tinta) printer anda, ganti wastepad atau gunakan pembuangan luar sehingga tinta tidak akan meleber di dalam printer. Untuk penggantian wastepad, pastikan membawa printer ke Service Centre printer yang bersangkutan.
  12. Jangan pernah membuka casing printer, karena komponen printer hanya bisa di service oleh orang yang benar-benar ahli.

Selamat Mencoba

Leave a Reply 2406 views, 1 so far today

Related posts

Leave a Reply